Kampus Ilmu Hikmah

Himpunan Lengkap Tentang Doa, Artikel, Asma, Ajian, Puisi, Tips dan Trik, Seputar Blogger

DOA SHALAT ISTIKHARAH

Shalat Istikharah adalah shalat sunat 2 rakaat yang dikerjakan untuk memohon petunjuk yang baik kepada Allah terhadap suatu pekerjaan atau rencana yang masih diragukan, baik untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan umum, guna memperoleh keputusan.

Misalnya bila kita sedang berhadapan dengan 2 perkara atau lebih, sedangkan kita harus memilih salah satu diantaranya. Dalam keadaan seperti ini kita disunatkan mengerjakan shalat sunat istikharah, karena yang berhak memutuskan atau memberikan pilihan hanyalah Allah. Manusia hanya merencanakan dan melaksanakannya saja.

Yang perlu diperhatikan adalah sebelum mengerjakan shalat istikharah, hatinya dinetralkan dari perkara yang akan dipilih. Jangan memihak yang satu dan membenci yang lainnya. Hal ini perlu dilakukan agar pilihan yang muncul bukan pilihan kita sendiri yang akhirnya akan menimbulkan kekecewaan, Adapun isyarat yang diberikan oleh Allah sebagai jawaban biasanya melalui mimpi atau kemantapan hati terhadap salah satu pilihan. Shalat ini dilakukan beberapa kali, misalnya 7 kali.

Dalam sebuah hadis Anas mengatakan bahwa Rasulullah saw. Pernah berkata kepadanya : "Wahai Anas! Jika engkau bercita-cita untuk melakukan suatu perkara (urusan), maka mintalah pilihan kepada Tuhan engkau tentang hal itu sebanyak 7 kali, kemudian perhatikanlah apa yang lebih dahulu ada dalam hatimu. Karena sesungguhnya kebaikan itu ada di dalamnya."

Adapun waktu pelaksanaannya boleh siang hari ataupun malam hari. Akan tetapi waktu yang paling baik adalah pada sepertiga malam yang terakhir (antara pukul 01.00 WIB dan menjelang subuh), karena biasanya pada suasana yang hening hati akan khusyu, baik dalam shalat maupun dalam membaca doa.

Cara pelaksanaan shalat istikharah sama dengan pelaksanaan shalat fardu, baik gerakan maupun bacaannya. Perbedaannya hanyalah pada niat.

Niat Shalat Istikharah :
" USHALLII SUNNATAL ISTIKHAARATI RAK'ATAINI LILLAAHI TA'AALAA "
"Aku (niat) shalat sunat istikharah 2 rakaat, karena Allah Ta'ala."

Adapun surat yang dibaca boleh surat apa saja yang telah dikuasai. Akan tetapi sebaiknya dibaca surat berikut :

a. Pada rakaat pertama setelah Al-Fatihah dibaca surat Al-Kafiruun, lalu dilanjutkan dengan membaca surat Al-Qashash ayat 68-69 sebanyak 7 kali, yaitu :
" WARABBUKA  YAKHLUQU MAA YASYAA'U WA YAKHTAARU MAA KAANA LAHUMUL KHIYARATU, SUBHAANALLAAHI WA TA'AALAA 'AMMAA YUSYRUKUUNA.                                                                                                             WA RABBUKA YA'LAMU MAA TUKINNU SHUDUURUHUM WA  MAA YU'LINUUNA."
"Dan Tuhanmu menciptakan apa yang Ia kehendaki dan memilihnya. Sekali-kali tak ada pilihan bagi mereka. Mahasuci Allah dan Mahatinggi dari apa yang mereka persekutukan.
Dan Tuhanmu mengetahui apa yang disembunyikan dalam dada mereka dan apa yang mereka nyatakan."

b. Pada rakaat kedua setelah Al-Fatihah dibaca surat Al-Ikhlash, lalu dilanjutkan dengan membaca surat Al-Ahzaab ayat 36, sebanyak 7 kali, yaitu :
"WA MAA KAANA LI MU'MININ WA LAA MU'MINATIN IDZAA QADHALLAHU WA RASUULUHU AMRAN AYYAKUUNA LAHUMUL KHIYARATU MIN AMRIHIM. WA MAY YA'SHILLAAHA WA RASUULAHUU FAQAD DHALLA DHALAALAN MUBIINAN."
"Dan tidaklah patut bagi laki-laki yang mukmin dan tidak (pula) bagi perempuan yang mukmin, apabila Allah dan rasul-Nya telah menetapkan suatu ketetapan, akan ada bagi mereka pilihan (yang lain) tentang urusan mereka. Dan barang siapa mendurhakai Allah dan rasul-Nya, maka dia telah benar-benar sesat."

 Setelah selesai shalat istikharah, langsung dilanjutkan dengan membaca doa di bawah ini :
" ALLAAHUMMA INNII ASTAKHIIRUKA BI 'ILMIKA WA ASTAQDIRUKA BIQUDRATIKA, WA AS'ALUKA MIN FADHLIKAL 'AZHIIMI, FA INNAKA TAQDIRU WA LAA AQDIRU, WA TA'LAMU WA LAA A'LAMU, WA ANTA 'ALLAAMUL GHUYUUBI. ALLAAHUMMA IN KUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRA (sebutkan disini perkara masing-masing) KHAIRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII, WA 'AAJILIHI WA 'AAJILIHI FAQDIRHU LII WA YASSIRHU LII TSUMMA BAARIK LII FIIHI, WA IN KUNTA TA'LAMU ANNA HAADZAL AMRA SYARRUN LII FII DIINII WA MA'AASYII WA 'AAQIBATI AMRII WA 'AAJILIHI WA 'AAJILIHI FASHRIFHU 'ANNII WASHRIFNII 'ANHU WAQDIR LIYAL KHAIRA HAITSU KAANA TSUMMA RADHDHINII BIHI. "
"Wahai Allah! Sesungguhnya aku memohon kepada Engkau memilih (yang baik untukku) dengan ilmu Engkau, aku memohon kepada Engkau untuk menentukannya dengan kekuasaan Engkau, dan aku memohon kepada Engkau anugerah Engkau yang agung. Karena sesungguhnya Engkau mampu memberi ketentuan sedangkan aku tidak, Engkau dapat mengetahuinya sedangkan aku tidak, Engkau dapat mengetahuinya sedangkan aku tidak, dan Engkaulah Yang Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Wahai Allah! Jika Engkau tahu bahwa perkara ini (yaitu perkara yang dimaksudkan) baik bagiku, didalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya, cepat atau lambat, maka tetapkanlah perkara itu untukku, dan akibatnya, cepat atau lambat, maka tetapkanlah perkara itu untukku, dan mudahkanlah hal itu bagiku, kemudian berilah aku keberkahan di dalamnya. Dan jika Engkau tahu bahwa perkara ini jelek bagiku, didalam agamaku, kehidupanku, dan akibatnya, cepat atau lambat, maka jauhkanlah perkara itu dariku dan jauhkanlah aku darinya, dan tetapkanlah untukku kebaikan di mana pun adanya, kemudian jadikanlah aku rela kepadanya."

Wassalam. 
0 Komentar untuk "DOA SHALAT ISTIKHARAH"

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info