Kampus Ilmu Hikmah

Himpunan Lengkap Tentang Doa, Artikel, Asma, Ajian, Puisi, Tips dan Trik, Seputar Blogger

RUH PULANG MENGHADAP RABBUL 'ALAMIIN

Ruh Pulang Menghadap Rabbul 'Alamiin. 

Pada hari  yang di waktu itu ada muka yang putih berseri, dan ada pula muka yang hitam muram. Adapun orang-orang yang hitam muram mukanya (kepada mereka dikatakan) : "Kenapa kamu kafir sesudah kamu beriman? Karena itu rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu". Adapun orang-orang yang putih berseri mukanya, maka mereka berada dalam rahmat Allah (surga) ; mereka kekal di dalamnya. QS. Ali Imran (3) ; 106 s/d 107

Ruh yang keluar dari jasad ada yang "hitam" dan yang "putih". Kepada yang hitam dikatakan kenapa kamu kafir setelah beriman? Yang dimaksud kafir setelah beriman itu ialah sebenarnya seluruh ruh manusia, sudah beriman (telah berikan) selagi di alam arwah. Ruh itu sebelum dimasukkan ke dalam jasad, sudah diambil kesaksiannya, perhatikanlah Firman Allah : "Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah menambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman) : "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)." QS. Al-A'raaf (7) ; 172.

Ternyata setelah ruh dimasukkan kedalam jasad, ruh yang sudah mengikat janji dengan Allah itu lupa akan janjinya. Dia bekerja di alam dunia, yang nampak olehnya alam saja sehingga dia menghambakan dirinya ke benda-benda alam. Itulah yang dimaksud oleh Allah dengan Firmannya "Mengapa kamu kafir setelah kamu beriman?", maka rasakanlah azab disebabkan kekafiranmu itu."

Bagi yang menepati janjinya Allah sediakan surga : Dan diserukan kepada mereka : "Itulah surga yang diwariskan, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan." QS. Al-A'raaf (7) ; 43.

Ruh Pulang Dengan Tersenyum
Hai jiwa yang tenang. QS. Al-Fajr (89) ; 27
Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. QS. Al-Fajr (89) ; 28
Maka masuklah ke dalam jama'ah hamba-hamba-Ku, QS. Al-Fajr (89) ; 29
dan masuklah ke dalam surga-Ku. QS. Al-Fajr (89) ; 30

Ruh Pulang Berteriak
(Demikianlah keadaan orang-orang kafir itu), hingga apabila datang kematian kepada seseorang dari mereka, dia berkata : "Ya Tuhanku kembalikanlah aku (ke dunia), agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampai hari mereka dibangkitkan. QS. Al-Mu'minuun (23) ; 99 s/d 100.

Manusian Boleh Memilih 
Katakanlah : "Berimanlah kamu kepadanya atau tidak usah beriman (sama saja bagi Allah)." QS. Al-A'raaf (17) ; 107.
Kini renungkanlah sejenak, lihatlah dengan pandangan jauh ke depan lakukanlah tugas anda dengan baik penuh kesungguhan, karena kunci kebahagiaan itu dan kunci kesengsaraan (neraka) berada di dalam gengganmu di dunia ini, nasib anda berada ditangan anda. Gunakanlah usia dan kekuatanmu, karena apabila waktu sudah berlalu (usia muda meninggalkanmu) dan kekuatanmu melemah, maka semua itu tidak akan kembali kepangkuanmu.

Apabila anda masih berusia muda belia maka janganlah kamu tunda sampai lanjut usia, karena disaat anda akan menemukan berbagai kesulitan yang hanya diketahui oleh mereka yang tua saja, sungguh membenahi diri di hari tua dan lemah adalah perkara yang sukar.

Apabila anda seorang lanjut usia maka jangan biarkan usia anda pergi dengan sia-sia, karena selagi anda masih berada di dunia ini pintu menuju Allah masih terbuka lebar dihadapan anda. Jangan ditunda-tunda lagi kesempatan anda. Jangan sampai pintu tersebut tertutup dari hadapan anda sementara anda masih berangan-angan panjang, apabila itu terjadi maka anda hanya akan menyesal dan gigit jari atas segala yang telah berlalu dihadapan anda.
Wallahualam bi showab

Wassalam.    
0 Komentar untuk "RUH PULANG MENGHADAP RABBUL 'ALAMIIN"

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info