Kampus Ilmu Hikmah

Himpunan Lengkap Tentang Doa, Artikel, Asma, Ajian, Puisi, Tips dan Trik, Seputar Blogger

Doa Shalat Taubat

Shalat Taubat adalah shalat sunat yang dikerjakan sebagai taubat setelah melakukan dosa atau merasa telah berbuat dosa. Shalat taubat juga merupakan ungkapan penyesalan seseorang atas perbuatan dosa yang telah dilakukan, dan sebagai pernyataan bahwa dirinya akan kembali kepada ketaatan, dan menjauhi perbuatan dosa sejauh-jauhnya.

Shalat sunat taubat ini dikerjakan 2 rakaat, adapun niatnya adalah :

" USHALLII SUNNATAT TAUBATI RAK'ATAINI LILLAAHI TA'AALAA "
   "Aku (niat) shalat sunat taubat 2 rakaat, karena Allah Ta'ala".

Jika menjadi makmum, maka setelah kata "RAK'ATAINI" ditambah dengan kata "MA'MUUMAN" (mengikuti imam), sedangkan jika bertindak sebagai imam ditambah dengan kata "IMAAMAN" (menjadi imam).

Cara pelaksanaan sama dengan shalat fardu, perbedaannya adalah pada niat. Adapun surat yang dibaca boleh surat apa saja yang telah dikuasai.

Akan tetapi sebaiknya dibaca :

1. Pada rakaat Pertama, sesudah surat Al-Fatihah, dibaca surat An-Nisaa ayat 64 yang berbunyi :

    " WA MAA ARSALNAA MIR RASUULIN ILLAA LIYUTHAA'A BI IDZNILLAAHI, WA LAU ANNAHUM IDZZHALAMUU ANFUSAHUM JAA'UUKA FASTAGHFARULLAAHA WAS TAGHFARA LAHUMUR RASUULU LAWAJADULLAAHA TAWWAABAR RAHIIMAN".
"Dan kami tidak mengutus seorang rasul kecuali untuk ditaati dengan izin Allah. Sesungguhnya, jika mereka, ketika menganiaya diri sendiri, datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan rasul pun memohonkan ampun untuk mereka, pasti mereka mendapati Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang".

setelah itu membaca : 

" ASTAGHFIRULLAAHAL 'AZHIIM " 3X
" Aku memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung ".
Kemudian membaca :

" LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA WA BIHAMDIKA 'AMILTU SUU'AN WA ZHALAMTU NAFSII, FAGHFIRLII INNAKA ANTA KHAIRUL GHAAFIRIINA. "
" Tak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau dan dengan memuji Engkau aku (mengaku) telah berbuat kejahatan (dosa), dan aku telah menganiaya diriku. Oleh karena itu maka ampunilah aku, sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik pengampun."

" LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA WA BIHAMDIKA 'AMILTU SUU'AN WA ZHALAMTU NAFSII, FARHAMNII INNAKA ANTA KHAIRUR RAAHIMIINA."
 " Tak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau dan dengan memuji Engkau aku (mengaku) telah berbuat kejahatan (dosa), dan aku telah menganiaya diriku. Oleh karena itu kasihanilah aku, karena Engkaulah sebaik-baik pengasih."

" LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA WA BIHAMDIKA 'AMILTU SUU'ANWA ZHALAMTU NAFSII, FATUB 'ALAYYA INNAKA ANTAT TAWWAABUR RAHIIMU."
 " Tak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau dan dengan memuji Engkau aku (mengaku) telah berbuat kejahatan (dosa), dan aku telah menganiaya diriku. Oleh karena itu terimalah taubatku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang."

" RABBANAA ZHALAMNAA ANFUSANAA WA ILLAM TAGHRIR LANAA WA TARHAMNAA LANA KUUNANNA MINAL KHAASIRIINA."
" Wahai Tuhan kami! Kami telah menganiaya diri kami, jika Engkau tidak mengampuni kami dan mengasihani kami, pasti kami termasuk orang-orang yang rugi."
Setelah itu membaca Basmalah dan Surat Al-Kafiruun.

2. Pada rakaat kedua sesudah surat Al-Fatihah dibaca seperti bacaan pada rakaat pertama. Perbedaannya hanyalah pada surat yang terakhir, yaitu :
Surat Al-Kafiruun diganti dengan Surat Al-Ikhlash.

Setelah selesai bacalah doa Taubah, yaitu :

" ILAAHII 'ABDUKAL AABIQU RAJA'A ILAA BAABIKA. 'ABDUKAL 'AASHII RAJA'A ILASHSHULHI. 'ABDUKAL MUDZNIBU ATAAKA BIL 'UDZRI FA'FU 'ANNII BIJUUDIKA WA TAQABBAL MINNII BI FADHLIKA WANZHUR ILAYYA BIRAHMATIKA. ALLAAHUMMAGHFIR LII MAA SALAFA MINAL AJALI FA INNAL KHAIRA KULLAHU BI YADIKA WA ANTA BINAA RA 'UUFUR RAHIM."
"Tuhanku! Hamba-Mu yang melarikan diri telah kembali ke Pintu-Mu yang telah berbuat maksiat telah kembali kepada kebaikan. Hamba-Mu yang berdosa telah datang kepada-Mu memohon maaf. Oleh karena itu maafkanlah aku dengan kemurahan-Mu, terimalah permohonanku dengan keutamaan-Mu, dan pandanglah aku dengan rahmat-Mu. Wahai Allah! Ampunilah dosa-dosaku yang telah lampau, dan peliharalah sisa-sisa umurku, karena sesungguhnya semua kebaikan ada dalam kekuasaan-Mu dan Engkau Maha Pengasih dan Penyayang terhadap kami."

Wassalam.
5 Komentar untuk "Doa Shalat Taubat"

Hi there! This is my first visit to your blog! We are a collection of volunteers
and starting a new initiative in a community in the same niche.
Your blog provided us valuable information to work on. You have done a wonderful
job!

My website Find Energy Solutions

I have been browsing online more than 3 hours today, but I by no means
discovered any interesting article like yours. It's lovely worth sufficient for me. In my view, if all site owners and bloggers made good content material as you did, the web will likely be much more useful than ever before.

Feel free to visit my web-site - book promotion

Howdy just wanted to give you a quick heads up and let you know a few of the images aren't loading correctly. I'm not sure why but I think its a
linking issue. I've tried it in two different browsers and both show the same outcome.

Look at my webpage; voyeur caught videos

Hi, I want to subscribe for this website to take most up-to-date updates, thus where can i do it please help.


Here is my site ... cfnm sex tube

Tolong komentarnya berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah ke tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter.

 
Copyright © 2014 - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info